Percepatan APBD Tahun Anggaran 2018

sumber https://www.riauonline.co.id

Bulan November 2018 merupakan bulan yang cukup krusial dalam hal perencanaan tahun anggaran 2018. Sesuai dengan Pasal 312 Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, maka Pemerintah Daerah dan DPRD saat ini sedang berpacu menyelesaikan Ranperda APBD Tahun 2018 agar dapat menghindari sanksi sesuai dengan Pasal 312 ayat (2) peraturan sebagaimana tersebut di atas. Peranan kerja sama dan sinergitas antara Pemerintah Daerah dan DPRD dalam menyusun APBD sangat diperlukan agar APBD dapat disepakati bersama 1 (bulan) sebelum tahun anggaran setiap tahun dimulai. Bunyi pasal tersebut lengkapnya adalah sebagai berikut:

  1. Kepala daerah dan DPRD wajib menyetujui bersama rancangan Perda tentang APBD paling lambat 1 (satu) bulan sebelum dimulainya tahun anggaran setiap tahun;
  2. DPRD dan kepala daerah yang tidak menyetujui bersama rancangan Perda tentang APBD sebelum dimulainya tahun anggaran setiap tahun sebagaimana dimaksud ayat (1) dikenai sanksi administratif berupa tidak dibayarkan hak- hak keuangan yang diatur dalam ketentuan peraturan perundang-undangan selama 6 (enam) bulan;
  3. Sanksi sebagaimana dimaksud pada ayat (2) tidak dapat dikenakan kepada anggota DPRD apabila keterlambatan penetapan APBD disebabkan oleh kepala daerah terlambat menyampaikan rancangan Perda tentang APBD kepada DPRD dari jadwal yang telah ditetapkan berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Menteri Dalam Negeri telah menginstruksikan kepada Seluruh Bupati/ Walikota dan Ketua DPRD Kabupaten/ Kota melalui suratnya No. 188.34/8011/SJ tanggal 7 November 2017 perihal Percepatan Penetapan Kesepakatan Bersama Rancangan KUA dan PPAS serta Persetujuan Bersama Rancangan Peraturan Daerah tentang APBD Tahun Anggaran 2018 untuk segera menyelesaikan penyusunan Ranperda APBD sehingga dapat menghindari sanksi sebagaimana dijelaskan pada ketentuan tersebut di atas.

Jika kita mencoba membuka dan memahami Permendagri No. 86 Tahun 2017 tentang Tata Cara Perencanaan, Pengendalian Dan Evaluasi Pembangunan Daerah, Tata Cara Evaluasi Rancangan Peraturan Daerah Tentang Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah dan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah, serta Tata Cara Perubahan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah, Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah, dan Rencana Kerja Pemerintah  Daerah, maka telah ditetapkan tahapan penyusunan perencanaan yang harus dilakukan oleh Pemerintah Daerah dalam menyusun RAPBD.

Untuk tahun anggaran 2018 mengacu pada RKPD Tahun 2018 yang disusun dengan berpedoman kepada Permendagri No. 54 Tahun 2010 dan Permendagri No. 32 Tahun 2017. Jika mengikuti tahapan yang telah ditentukan di dalam aturan tersebut, dan terdapat kesepahaman bersama antara Pemerintah Daerah dan DPRD, maka pengesahan Ranperda APBD Tahun 2018 seyogyanya dapat dilakukan sesuai dengan ketentuan dalam UU No. 23 Tahun 2014 khusus pada pasal 312 ayat (1).

Berkaca dari tahun anggaran 2017 yang banyak daerah Kabupaten/ Kota mengalami keterlambatan dalam pengesahan APBD yang berakibat banyak pula daerah yang mendapatkan sanksi. Bahkan untuk daerah yang berhasil mendapatkan predikat laporan keuangan Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK pun pada akhirnya juga tidak bisa mendapatkan Dana Insentif Daerah sebagai apresiasi dari pemerintah terhadap predikat yang diperolehnya.

Semoga saja tahun ini semua hal tersebut dapat diatasi dengan adanya persamaan persepsi bagi dari legislatif maupun eksekutif. Dengan adanya percepatan pengesahan APBD Tahun 2018, maka salah satu upaya pelaksanaan pekerjaan yang membutuhkan waktu penyelesaian cukup panjang dapat dihindari adanya keterlambatan dengan persiapan yang lebih awal dibanding tahun-tahun sebelumnya. Dengan demikian pemerintah dapat segera mempublikasikan RUP-nya dan pelaksanaan pengadaan barang/jasa dapat dilaksanakan lebih awal.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s