Masih Lombok Explorer

Masih lanjut dalam perjalanan di Kota Lombok, namun kali ini akan menyasar pada sisi pariwisata pantai yang dominan di daerah ini. Indonesia sebagai negara kepulauan yang tentunya dikelilingi dengan lautan dengan batas pantai yang indah tentulah menjadi salah satu daya tarik bagi wisatawan manca yang umumnya agak sulit menemukan matahari di negaranya. Terutama kualitas sinarnya yang berbeda karena Indonesia adalah negara tropis yang kaya dengan sinar matahari.

Banyak titik di Kota Lombok yang menjadi spot pilihan wisatawan untuk menikmati wisata bahari. Ada Pantai Kuta yang memiliki butiran pasir bulat sempurna seperti biji merica, ada Gili Trawangan yang bebas dari polusi udara karena daerah ini merupakan daerah yang bebas dari kendaraan bermotor baik roda dua maupun roda empat.

Dari wilayah wisata pantai yang ada, baru kawasan Gili Trawangan yang telah dikelola dengan baik. Hal ini dapat dilihat dengan banyaknya cottage di pulau ini. Bahkan banyak ditemukan wisatawan manca yang menginap disana sambil melakukan beberapa kegiatan seperti surfing, diving, snorkling, cycling atau hanya naik ke atas perahu yang dilengkapi kaca transparan di bagian bawahnya sehingga wisatawan dapat melihat keindahan terumbu karang disana tanpa harus berenang atau menyelam dengan kata lain cukup melihatnya dari atas perahu saja.

Deretan perahu yang siap membawa wisatawan surfing dan diving

Menyikapi keindahan alam yang ada, Pemerintah Propinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) mencoba mengoptimalisasi manfaatnya agar dapat meningkatkan PAD dengan bekerja sama dengan masyarakat pelaku pariwisata yang ada.

Seperti yang pernah saya tuliskan sebelumnya bahwa ada nuansa bali di Kota ini, dan ini adalah salah satu buktinya. Wisata pantai dan pura tempat ibadah umat beragama Hindu pun juga dapat ditemui di daerah ini. Anugerah berupa alam yang indah sudah selayaknya dapat dimanfaatkan oleh masyarakat Lombok dengan tanpa merusaknya. Contohnya adalah kegiatan diving untuk menikmati keindahan terumbu karang dan ikan-ikan yang ada di dalamnya.

Beberapa sarana pendukung yang ada disana merupakan swadaya masyarakat, namun juga ada investor yang masuk dan menanamkan modalnya di daerah ini. Sesungguhnya alam negeriku Indonesia ini sangatlah indah dan tidak kalah dengan yang dijual oleh negara lainnya. Namun yang kurang adalah rasa bangga kita terhadap apa yang ada di negara kita sendiri.

Menikmati pemandangan alam di Indonesia sesungguhnya seperi di surga yang begitu indah dan mempesona.

gazebo yang berada di Gili Trawangan menjadi tempat singgah bagi wisatawan yang berkeliling pulau dengan bersepeda atau berkuda

Tebing di pantai Kuta Lombok yang tetap mempesona

Pura yang berada di atas bukit batu dan di pinggir laut
Salah satu pintu pura di Lombok

Welcome to Lombok!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s