Penggunaan Tenaga Ahli dan Peralatan yang sama dalam Pengadaan Barang/Jasa

Tidak dapat dipungkiri, bahwa dalam pengadaan barang/jasa terutama untuk jasa konstruksi dan jasa konsultansi serta jasa lainnya dibutuhkan tenaga ahli dengan berbagai kualifikasi sesuai dengan kebutuhan yang dibutuhkan oleh PPK. Sehingga tidak aneh jika dalam dokumen pengadaan pada akhirnya pejabat pengadaan atau pokja ULP mencantumkan syarat kualifikasi tenaga ahli sesuai dengan kebutuhan agar pelaksanaan pengadaan barang/jasa dapat terlaksana dengan baik. Namun bagaimana jika tenaga ahli yang sama digunakan untuk paket pekerjaan yang berbeda dalam waktu yang bersamaan?

Tenaga ahli dalam pengadaan jasa konstruksi, jasa konsultansi dan jasa lainnya (apabila dipersyaratkan) merupakan salah satu komponen personil inti yang dibutuhkan oleh penyedia barang/jasa dan harus ditempatkan secara penuh selama pelaksanaan paket pekerjaan tersebut. Sedangkan dalam proses pengadaan pekerjaan konstruksi dan konsultansi selain dibutuhkan tenaga ahli juga dibutuhkan beberapa peralatan pendukung. Lantas bagaimana jika suatu penyedia mengikuti beberapa proses pengadaan paket pekerjaan dengan menawarkan tenaga ahli dan peralatan yang sama?

Sesuai dengan Perpres No. 54 Tahun 2010 tentang Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah dan perubahannya pada lampiran III Bagian B angka 1 huruf f angka 9) huruf c) angka (2) huruf (e) menyatakan bahwa “Penawaran dinyatakan memenuhi persyaratan teknis, apabila personil inti yang akan ditempatkan secara penuh sesuai dengan persyaratan yang ditetapkan dalam Dokumen Pemilihan serta posisinya dalam manajemen pelaksanaan pekerjaan sesuai dengan organisasi pelaksanaan yang diajukan”.

Sesuai dengan Peraturan Menteri Pekerjaan Umum No. 14/PRT/M/2013 tentang Perubahan Peraturan Menteri Pekerjaan Umum Nomor 07/PRT/2011 tentang Standar dan Pedoman Pengadaan Pekerjaan Konstruksi dan Jasa Konsultansi, terutama pada pasal 6d menyatakan sebagai berikut :

  1. Dalam hal Penyedia mengikuti beberapa paket pekerjaan konstruksi dalam waktu bersamaan dengan menawarkan peralatan yang sama untuk beberapa paket yang diikuti dan dalam evaluasi memenuhi persyaratan pada masing-masing paket pekerjaan, maka hanya dapat ditetapkan sebagai pemenang pada 1 (satu) paket pekerjaan dengan cara melakukan klarifikasi untuk menentukan peralatan tersebut akan ditempatkan, sedangkan untuk paket pekerjaan lainnya dinyatakan tidak ada dan dinyatakan gugur.

  2. Ketentuan hanya dapat ditetapkan sebagai pemenang pada 1 (satu) paket pekerjaan sebagaimana dimaksud pada ayat (1), dapat dikecualikan dengan syarat kapasitas dan produktifitas peralatan secara teknis dapat menyelesaikan pekerjaan lebih dari 1 (satu) paket.

  3. Dalam hal Penyedia mengikuti beberapa paket pekerjaan konstruksi atau jasa konsultansi dalam waktu bersamaan dengan menawarkan personil yang sama untuk beberapa paket yang diikuti dan dalam evaluasi memenuhi persyaratan pada masing-masing paket pekerjaan, maka hanya dapat ditetapkan sebagai pemenang pada 1 (satu) paket pekerjaan dengan cara melakukan klarifikasi untuk menentukan personil tersebut akan ditempatkan, sedangkan untuk paket pekerjaan lainnya personil dinyatakan tidak ada dan dinyatakan gugur.

Dalam peraturan tersebut telah dinyatakan dengan jelas untuk menggugurkan salah satu diantara paket pekerjaan yang diikutinya jika kondisi yang dihadapi sebagaimana tercantum di atas.

Pernyataan tersebut di atas memiliki makna bahwa untuk personil inti/tenaga ahli yang ditugaskan dalam suatu paket harus ditugaskan secara penuh selama masa pelaksanaan paket pekerjaan tersebut. Dalam hal ini berarti tenaga ahli yang sama tidak dapat ditugaskan dalam paket pekerjaan lain yang masa pelaksanaannya bersamaan antara satu dan lainnya. Dalam hal ini berarti pokja/pejabat pengadaan harus berani untuk menggugurkan penyedia di salah satu paket yang diikutinya apabila yang bersangkutan telah memenuhi syarat yang dibutuhkan dengan melalui tahapan klarifikasi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s